Minggu, 13 Mei 2012

3 Kunci Sukses Wirausaha


Banyak orang ingin berwirausaha, tetapi tidak sedikit pula orang yang GAGAL. Hal ini sering kali terjadi karena salah dalam melangkah.
Berikut ini adalah tips dari bapak Tung Desem Waringin (Tung Desem Waringin is an Indonesian business man, motivational speaker, and author).
Ketika kita akan memulai usaha atau mencoba usaha maka hal yang harus dipertimbangkan adalah :
1. Usaha itu harus MENGHASILKAN
2. Usaha yang kita lakukan sesuai dengan BIDANG USAHA / GAYA HIDUP kita
3. MUDAH dilakukan
Namun banyak orang yang terbalik dalam memulai usaha. Mereka mulai dengan usaha yang MUDAH dilakukan yang penting MENGHASILKAN, tanpa memperdulikan bahwa usaha tersebut sesuai atau tidak dengan BIDANG USAHA atau GAYA HIDUP mereka.
Mari kita kupas satu persatu…
1. Usaha yang MENGHASILKAN
Banyak sekali usaha yang menghasilkan. Jualan pulsa, jualan donat (kue), jualan mobil, jualan rumah, jualan baju dll. Semua boleh dicoba. Bila ingin mencoba jualan donat, cobalah jualan donat. Bila ingin jualan baju, cobalah jualan baju. Cobalah, cobalah dan cobalah apapun itu. Lihat apa dan berapa yang dihasilkan.
2. Usaha yang dilakukan sesuai BIDANG USAHA / GAYA HIDUP
Ketika kita memilih untuk jualan donat, rasakan… apakah usaha tersebut sesuai dengan bidang usaha yang kita suka? Jualan donat pastilah menghasilkan. Namun bila tidak sesuai dengan bidang usaha kita atau gaya hidup kita, kapan kita akan menjadi kaya??
3. MUDAH dilakukan
Setelah kita mencoba usaha yang MENGHASILKAN dan sesuai dengan BIDANG USAHA atau GAYA HIDUP kita, maka lihatlah… apakah MUDAH usaha yang kita lakukan itu? Carilah yang MUDAH dilakukan.
Jika kita sudah mencoba usaha yang MENGHASILKAN dan sesuai dengan BIDANG USAHA kita serta MUDAH dilakukan, tapi masih juga GAGAL. Artinya kita kurang BELAJAR.
Maka BELAJAR lah. Bila kita sudah mulai untuk BELAJAR, itu artinya kita sudah dalam proses menuju SUKSES. Dan bila kita sudah SUKSES maka BELAJAR lah terus, terus dan terus… agar kita bisa mengejar SUKSES – SUKSES berikutnya.

Tidak ada komentar: