Rabu, 23 November 2011

Kembali ke Titik NOL…(part.1)





BEBASKAN DIRI DARI PENGALAMAN YANG MEMBELENGGU PIKIRAN.
BERPIKIRLAH MERDEKA.

Dasar Pembahasan :
1. ”sama sekali bukan! Tetapi HATI mereka telah dikuasai oleh apa yg mereka lakukan".
(QS. Al Muthaffifiin [83] : 14)

2. ”Dan hendaklah ada diantara kamu suatu umat yang menyeru berbuat KEBAIKAN, dan menyuruh orang melakukan yang BENAR, serta melarang yang MUNGKAR. Merekalah orang yang mencapai KEJAYAAN.”
(QS. Ali Imran [3] : 104)

3. ”Dalam HATI-nya ada penyakit dan Allah menambah penyakitnya itu. Mereka beroleh AZAB yang pedih menyakitkan, disebabkan karena mereka BERDUSTA."

Pak Katik Ijun berprofesi sbg Petani di Padang Sago, Pariaman. Kebiasaan dia bertanam adalah 8-12 batang utk satu lobang. Dalam ½ hektar sawah yg dimilikinya, biasanya menghasilkan panen sebesar 1.5 Ton Gabah. Dengan adanya Teknologi Pertanian yang baru yakni Padi Tanam Sabatang (PTS), dia hny menanam 1 batang utk 1 lobang. Alhasil, penghasilan panen meningkat menjadi 2 Ton Gabah.
Ada selisih Biaya dan Manfaat yg dinikmati oleh pak Katik Ijun. Selain benih yg akan disemaikan berkurang, juga penghasilan tiap panen meningkat!

Pak Katik Ijun telah BERANI melakukan perubahan dalam PENGALAMAN-nya. Andai saja dia tetap BERPIKIR sesuai pengalaman sebelumnya yg telah diturunkan dari nenek-moyangnya, maka peningkatan HASIL pun tiada didapat.

Dibutuhkan KEBERANIAN untuk melihat suatu MASALAH dengan cara yang BENAR, bukan dengan cara yang menurut : ‘Apa kata orang tua saya’..atau ‘Cara yang begini sudah biasa kami lakukan sejak dahulunya’.

Tidak ada komentar: