Kamis, 05 Juli 2012

Kembali ke Titik NOL (part 3)


Sebuah PRINSIP akan melahirkan KEPENTINGAN, dan kepentingan akan menentukan PRIORITAS apa yang akan didahulukan.

Dasar pembahasan:
1. QS. Al-‘Ashr [103] : ayat 1-3
2. QS. Al-Qashash [28] : ayat 54
3. QS. Ali Imran [3] : ayat 17

Uraian :

Waktu, Kesempatan dan Prioritas
1. QS. Al Ashr [103]: ayat 1-3

وَالْعَصْرِ ١
إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ٢
إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ٣

Artinya:
1. demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.  

2. QS. Al Qashash [28]: ayat 54

28:54. "Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan sebagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka, mereka nafkahkan." 


3. QS. Ali Imran [3] : ayat 17 
3:17. " Sesungguhnya telah ada tanda bagi kamu pada dua golongan yang telah bertemu (bertempur). Segolongan berperang di jalan Allah dan (segolongan) yang lain kafir yang dengan mata kepala melihat (seakan-akan) orang-orang muslimin dua kali jumlah mereka. Allah menguatkan dengan bantuan-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati."

KEPENTINGAN tidaklah sama dengan PRIORITAS.

KEPENTINGAN cenderung bersifat MIKRO (diri sendiri), sedangkan PRIORITAS bersifat MAKRO (universe), yaitu mengarahkan kita untuk melaksanakan hal yang TEPAT.

PRIORITAS juga lebih spesifik daripada EFISIENSI, yaitu mengarahkan kita untuk melaksanakan sesuatu secara BENAR. Dengan demikian, PRIORITAS menjadi sebuah hal yang Esensial sekaligus menjawab permasalahan sumber2 yang tidak mencukupi, yakni manusia serta MATERI yang sangat TERBATAS.

PRIORITAS bermuara dari PRINSIP, SUARA HATI, KEPENTINGAN dan KEBIJAKSANAAN.

Tidak ada komentar: