Jumat, 08 Juni 2012

Filsafat : Solusi Mencapai Kebahagiaan

Karya : Dr. Haidar  Bagir 
(Pendiri dan pembina Islamic College for Advanced Studies (ICAS),   STFI Sadra, STAI Madina Ilmi,  dan Penerbit Mizan )

BerFilsafat : Demi Memecahkan Krisis Modernisme

Evolusi ilmu penge­tahuan dan kebudayaan manusia telah sampai ke zaman yang memaksa kita untuk berpikir holistik, sistemik, dan reflektif untuk memahami realitas dalam memecahkan problem-problem besar yang diakibatkannya.

Krisis ekologis, misalnya, mengentakkan kesadaran manusia untuk menggugat pandangan kosmologi modern—yang atasnya sains modern dikembangkan—yang bersifat parsial dan positivistik-antroposentrik, yang telah dianut hampir tiga abad.
Krisis ini menggugah, antara lain, seorang filosof analitik dari Norwegia, Arne Naess, melakukan hijrah intelektual untuk menjadi pelopor apa yang disebut Gerakan Ekologi Dalam (Deep Ecology Movement) pada pertengahan dasawarsa 1970-an.

Dengan Ekologi Dalam, ia merunut akar persoalan dalam kekeliruan peradaban modern dalam me­lihat dan menempatkan posisi lingkungan alam semesta kita dan bentuk hubungan manusia dengannya—yakni, pandangan teknologistik yang bersikap eksploitatif.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan juga mendorong Thomas S. Kuhn, seorang saintis, mencoba memahami gerak laju ilmu pengetahuan sebagai dibentuk oleh “paradigma” yang diterima luas pada setiap masa—sebuah kumpulan keya­kinan dan pemahaman tentang alam semesta yang berkorelasi erat dengan metafisika dan nilai (The Structure of Scientific Revolutions).

Maka, dalam rangka mencari sains yang lebih sesuai dengan ke­butuhan manusia, Fritjof Capra—seorang ahli fisika yang lebih belakangan—terpaksa menoleh ke hikmah Timur, khususnya Taoisme, untuk membangun kembali bangunan ilmu pengetahuan yang sudah telanjur dirongrong oleh relativime dan skeptisisme (The Tao of Physics).

Kedua contoh di atas tampaknya kembali menunjukkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan tidak bisa terpisahkan dari induknya, yakni filsafat. Dengan kata lain, pemisahan keduanya secara paksa telah terbukti menimbulkan berbagai krisis kemanusiaan, ekologi, krisis keyakinan yang melahirkan alienasi, dan sebagainya.

Selengkapnya dapat dilihat tautan sbb :

Tidak ada komentar: