Minggu, 10 Juni 2012

Apa Guna Mendalami Ajaran Agama..??


Pada suatu hari seorang pemimpin agama berjalan bersama seorang pembuat sabun. Sepanjang perjalanan, si pembuat sabun mengeluh mengenai apa pentingnya agama di dunia ini.

Pembuat sabun berkata ," Semua agama, mengajarkan kebaikan kepada seluruh umat manusia, namun semua hal itu mubazir. Coba lihat apa yang dilakukan manusia di sepanjang dunia diciptakan. Tingkat kejahatan bukannya menurun bahkan cenderung naik. Termasuk korupsi merajalela. Jika agama dapat memberikan dampak yang positif kenapa semua hal ini bisa terjadi ?" 

Sang pemimpin agama tidak menjawab apa apa, namun menunjukkan bahwa ia sedang berfikir dengan serius tentang pendapat pembuat sabun tersebut. Mereka terus melanjutkan perjalanan mereka sampai akhirnya terhenti di depan segerombolan anak kecil yang tengah asyik bermain lumpur. Kemudian sang pemimpin agama berkata kepada si pembuat sabun. 

" Lihatlah anak anak itu bermain. Anda mengatakan bahwa sabun membuat mereka bersih, tapi lihatlah kotoran yang ada di tangan mereka, jadi apa bersihnya sabun yang telah mereka pakai selama bertahun tahun ?" Si pembuat sabun tersinggung dengan jawaban si pemimpin agama, lalu melontarkan protesnya dengan mengatakan ".. tapi sabun akan menjadi tidak berguna jika tidak dipakai secara terus menerus". 

" Tepat sekali jawaban Anda, demikian juga dengan ajaran agama, ia bukan hanya untuk dipelajari namun untuk dipraktekkan setiap hari". timpal sang pemimpin agama.

Tidak ada komentar: